Pertanian Perkotaan : Solusi Pangan Mandiri dari Lahan Terbatas

Kelurahan Mantrijeron, Kamis (19/09/2024) Kelurahan Mantrijeron menggelar acara Pelatihan Pertanian di Perkotaan pada hari Kamis, 19 September 2024 bertempat di rumah warga mulai pukul 09.00 WIb sampai dengan selesai. Pelatihan diikuti oleh perwakilan dari beberapa Bank Sampah di wilayah Kelurahan Mantrijeron. Pelatihan dibuka oleh Lurah Mantrijeron, Bambang Purambono, SE. Beliau menyampaikan  tujuan  utama dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat perkotaan khususnya kelurahan Mantrijeron tentang cara menanam, memelihara, dan memanen tanaman di lingkungan yang terbatas. Pertanian perkotaan bisa dilakukan di halaman rumah, atap bangunan, atau bahkan di lahan-lahan sempit seperti balkon atau gang sempit. Pelatihan ini adalah mendorong ketahanan pangan lokal, meningkatkan kesadaran lingkungan, serta memberikan solusi bagi penghijauan kota dan pemberdayaan masyarakat.

 Instruktur Pelatihan yaitu mantan pensiunan PPL Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kab. Sleman yang merupakan warga Kelurahan Mantrijeron, Ibu Sumarsini . Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan materi tentang  penanaman sayuran di lahan perkotaan bisa menjadi aktivitas yang bermanfaat baik dari sisi ekonomi maupun lingkungan. Selain menyediakan makanan sehat, ini juga memberikan kontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan perkotaan.

Instruktur kedua yaitu Apri Suparyanti selaku Fasilitator Bank Sampah Kelurahan Mantrijeron. Apri menyampaikan materi  Pertanian organik yaitu Metode bercocok tanam tanpa menggunakan pestisida atau pupuk kimia, untuk menciptakan produk yang lebih sehat dan ramah lingkungan serta Pengolahan limbah organic dengan belajar membuat kompos dari sisa makanan dan limbah organik lainnya, yang bisa digunakan sebagai pupuk alami.

Pada akhir pelatihan seluruh peserta dibagikan paket bahan percontohan berupa bibit sayuran, aneka benih sayuran, media tanam serta pupuk kandang.