Budidaya Lele sebagai Alternatif Usaha di Lahan Terbatas

 

Kelurahan Mantrijeron, Yogya - Rabu (07/02/2024) Keterbatasan lahan di daerah perkotaan menyebabkan masyarakat perlu lebih kreatif untuk mencari peluang untuk meningkatkan perekonomian. Salah satu peluang yang cukup menjanjikan yaitu  Budidaya lele  karena tidak memerlukan tempat yang luas, modal usaha relatif kecil sehingga terjangkau bagi peternak pemula.

Kelurahan Mantrijeron menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Lele pada hari Selasa 6 Pebruari 2024 bertempat di Pendopo Sawojajar Kelurahan Mantrijeron . Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Ari Pranowo, SE. mewakili lurah Mantrijeron dalam pembukaan menyampaikan pelatihan ini bertujuan memberdayakan masyarakat Mantrijeron bahwa selain untuk memenuhi kebutuhan protein keluarga , kegiatan ini juga dapat  dikelola sehingga mampu meningkatkan perekonomian keluarga.

Dalam kesempatan ini narasumber Christanto Darmawan menyampaikan teknik budidaya lele ini menggunakan drum.  Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya  ini adalah kualitas air harus terjaga, karena air yang kotor dapat menumbuhkan jamur yang dapat menyebabkan kematian lele serta pemberian pakan tidak boleh sampai kekurangan dan tidak boleh sampai kelebihan juga.

Budidaya atau ternak lele dengan menggunakan drum sebagai kolam ini merupakan peluang sebuah usaha yang terbuka untuk semua kalangan, baik pedesaan maupun di perkotaan.