Sambang Kampung bersama Puskesmas Mantrijeron

Kelurahan Mantrijeron, Jumat (11/08/2023), Acara diselenggarakan oleh Puskesmas Mantrijeron pada hari Jumat , 11 Agustus 2023 dalam upaya pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD)  dengan pemeriksaan jentik secara berkala.  Bertempat di wilayah RW 13 yang meliputi RT 48, 49 dan 50 Kampung Mantrijeron Kelurahan Mantrijeron Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta.

Menurut Kepala Puskesmas, pemeriksaan jentik berkala itu untuk menurunkan populasi nyamuk penular demam berdarah dengue aedes aegypty, serta jentiknya dengan meningkatkan peran serta masyarakat dalam memberantas sarang nyamuk demam berdarah dengan PSN 3M-plus melalui Kader Jumantik. Walaupun di Yogyakarta sudah ada inovasi teknologi Wolbachia yaitu bakteri alami yang umum ditemukan di hewan arthropoda atau serangga, dan mampu menghambat replikasi virus dengue di dalam tubuh nyamuk, namun masyarakat tetap harus waspada dengan memelihara lingkungan sekitar supaya tetap bersih dan sehat.

Pada kesempatan tersebut Lurah Mantrijeron, Bambang Purambono,SE menekankan pentingnya peranserta masyarakat bersama Kader Jumantik dalam upaya penanggulangan penyakit DBD. Biasanya nyamuk dapat bersarang dan bertelur di sampah-sampah  warga yang dibiarkan terbengkalai. Himbauan bagi masyarakat untuk memilah sampah serta membuangnya segera di tempat pembuangan. Selain itu dilarang untuk  membakar sampah karena dapat berpotensi sebagai polusi udara serta dapat memicu kebakaran.