MERTI KAMPUNG MANGKUYUDAN

Kelurahan Mantrijeron, Yogya - Senin (20/06/2022) Masyarakat Kampung Mangkuyudan Kelurahan Mantrijeron menggelar acara Merti Kampung pada hari Jumat tanggal 17 Juni 2022 pada pukul 19.30 Wib di Pendopo Wismogoro Kampung Mangkuyudan. Acara ini dihadiri oleh tokoh masyarakat dan segenap warga Mangkuyudan, lembaga masyarakat kampung Mangkuyudan, Bregodo Mangkuyudan,  serta tamu undangan antara lain Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, perwakilan KUA Mantrijeron, Babinsa Mantrijeron dan Bhabinkamtibmas Mantrijeron.

Merti Kampung adalah perwujudan tanda syukur atas rizki yang diberikan Tuhan secara melimpah ruah sekaligus merupakan budaya daerah yang harus dilestarikan.

Acara dibuka oleh Mantri Pamong Praja Mantrijeron , Affrio Sunarno, Sos yang pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pada hakikatnya acara Merti Kampung merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat kepada Yang Maha Kuasa atas limpahan karunia yang diberikanNya. Karunia tersebut bisa berwujud kelimpahan rezeki, keselamatan, ketentraman dan keselarasan hidup. Sekaligus beliau menyampaikan bahwa COVID 19 belum berakhir, dalam masa pandemi ini masyarakat diharap tetap menjalankan protokol kesehatan dalam segala akivitas. Ia juga mengimbau masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi baik dosis pertama, kedua, maupun ketiga. Hal ini demi mencegah terjadinya penularan Covid -19. Beberapa penelitian juga menunjukkan pemberian booster setelah dosis kedua, dapat membantu meningkatkan kekebalan, dan melindungi dari infeksi Covid-19 yang berat.