Kelurahan Mantrijeron Bisa,  Bersama IVA  Sehat Aman Yes !

        Kelurahan Mantrijeron, Yogya - Kamis (23/06/2022) Segenap kader posyandu se Kelurahan Mantrijeron yang hadir secara serentak dan semangat mengucapkan yel-yel IVA “ Kelurahan Mantrijeron Bisa,  Bersama IVA  Sehat, Aman,  Yes pada saat Pembinaan Administrasi Posyandu Balita.   Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 21 Juni 2022 bertempat di Pendopo Sawojajar Kelurahan Mantrijeron.  Hal ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin kader posyandu dalam mencatat administrasi dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan, selain dalam administrasi para kader juga dibekali dengan tata cara penanganan dan peningkatan kesehatan  balita sehingga tidak ada kasus gizi buruk. Dengan adanya posyandu yang baik diharapkan tumbuh kembang balita menjadi lebih baik. 

        Kegiatan dibuka oleh Lurah Mantrijeron, Bambang Purambono, SE yang menyampaikan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi di jaman sekarang diharapkan pengelolaan data administrasi Posyandu Balita  dapat disimpan seperti di Google Drive sehingga siapapun yang berkepentingan  dapat mengakses data-data tersebut. “Diharapkan selalu ada updating data sehingga apabila diperlukan data-data valid untuk suatu kegiatan , sudah langsung tersedia “ ujarnya menutup sambutannya.

         Narasumber Ibu Suhartini Ketua TP PKK  Pokja IV Kemantren Mantrijeron menyampaikan terdapat 13 buku administrasi yang perlu disiapkan dalam kegiatan Posyandu Balita  selain Buku Program Kerja, Buku Notulensi , antara lain : Presensi Pengunjung, Presensi Kader, Buku Tamu, Buku PMT, Buku Kunjungan Rumah, Buku Kegiatan, Buku Data Kelahiran dan Kematian, Buku KAS, Buku Penyuluhan, Buku Inventaris Posyandu, Buku Rujukan Posyandu, Buku Kepengurusan dan Buku PM/PTM.  Selain itu administrasi pendukung yang perlu disiapkan di setiap posyandu seperti  : Kartu Kendali Bayi/Balita , Kartu Ibu, Kartu Nifas ,Register Imunisasi, Register Bayi, Register Balita, Register Pus/Wus, Register Bumil, Register Nifas, Statifikasi Posyandu, Kes-Ling, KADARZI, PHBS ,Form 2T, BGM, Form Rujukan, Administrasi SDIDTK dan tidak kalah pentingnya yaitu Form IVA.

          Pada kesempatan ini juga dilaksanakan praktek alur pelayanan posyandu yang terdiri dari 4 meja yang dipandu oleh narasumber Ibu Antik Suwardani selaku Pokja IV TP PKK Kelurahan Mantrijeron,  dimana masing-masing meja mempunyai terdapat sarana dan ketugasan petugas posyandu.