Kiat Lansia Menghadapi Keadaan Yang Tidak Menyenangkan

Kelurahan Mantrijeron, Yogya - Senin (21/02/2022).  “ Kiat Lansia Menghadapi Keadaan Yang Tidak Menyenangkan “  merupakan judul materi yang disampaikan oleh narasumber Dr. Aisah Indati, MS., Psikolog  dalam Pembinaan Pola Hidup Sehat Posyandu  Lansia di Kelurahan Mantrijeron. Pertemuan  diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 17 Pebruari 2022 di Pendopo Sawojajar Kelurahan Mantrijeron.

Acara dibuka sekaligus dipandu oleh Sekretaris Lurah Mantrijeron, Luluk Muryani , SIP. Disampaikan bahwa acara ini merupakan agenda rutin yang akan dilaksanakan sebulan sekali oleh Kelurahan Mantrijeron dan dibiayai dari APBD Kota Jogjakarta Tahun 2022. Diharapkan pertemuan ini dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan lansia baik secara fisik maupun mental.

Pada kesempatan tersebut narasumber yang merupakan seorang Psikolog dan pensiunan Dosen Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta menyampaikan bahwa  Lanjut usia  ( Lansia) adalah suatu sebutan yang diberikan kepada seseorang yang beranjak tua. Lanjut usia merupakan tahapan paling akhir dari perjalanan hidup manusia. Proses menjadi tua selain merupakan proses perkembangan yang terus berlangsung hingga akhir hidup manusia juga ditandai dengan adanya kemunduran secara fisik, psikis dan sosial yang dapat menyebabkan lanjut usia mengalami keterbatasan dalam ruang lingkup gerak hidupnya.

Bagi lansia telah mengalami degeneratif/penurunan bagaimana lansia menghadapi berbagai macam problem.  Oleh karena itu diperlukan kondisi mental yang sehat (arif). Beberapa faktor yang mempengaruhi kearifan yaitu Faktor Internal  ( Kognitif , Afektif , Reflektif ) dan faktor Eksternal  (Lingkungan fisik dan Lingkungan social )

Para Lansia diharapkan menjadi Lansia yang sehat, aktif dan produktif. Tidak hanya sehat fisik tapi juga sehat secara mental. Jangan sampai menjadi beban untuk keluarganya. Caranya tetap sehat adalah  dengan menerima hidup apa adanya, menjalani hidup apa adanya dan mensyukuri apa yang didapat dalam hidup.