Pembentukan KTB Rintisan Kampung Ngadinegaran Menduduki Urutan Ke-130

Kelurahan Mantrijeron, Kota Jogja - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan pembentukan Kampung Tangguh Bencana (KTB) Rintisan di Kampung Ngadinegaran Kelurahan Mantrijeron  Kemantren Mantrijeron Kota Yogyakarta Sabtu Malam 25 September 2021. Program pembentukan KTB di Kampung Ngadinegaran ini menduduki urutan ke 130 dari 169 KTB yang akan dibentuk di Kota Yogyakarta.

Dalam kegiatan pembentukan KTB tersebut dihadiri oleh Ketua Komisi C DPRD Kota Yogyakarta yaitu Ririk  Banowati Permanasari, SH. Dalam kesempatan itu beliau menyampaikan ucapan selamat atas terbentuknya KTB Rintisan di Kampung Ngadinegaran di mana KTB di Ngadinegaran ini akan memperkuat dalam menanggulangi bencana di Kelurahan Mantrijeron. Ririk juga menjelaskan bahwa fungsi dari KTB itu sendiri adalah untuk menanggulangi bencana yaitu baik itu bencana alam maupun non alam secara mandiri dengan SDM yang terlatih dan mempunyai pengetahuan tentang kebencanaan.

Adapun sebagai narasumber yang menjadi pembicara dalam pembentukan KTB Rintisan di Ngadinegaran adalah dari BPBD Kota Yogyakarta, yaitu Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta Drs. Nur Hidayat, M.Si. Hidayat menyampaikan informasi bahwa pada tahun 2021 ini ditargetkan ada penambahan pembentukan 15 KTB di Kota Yogyakarta. Dari jumlah itu, Kampung Ngadinegaran menduduki urutan terakhir yaitu urutan ke 130 antaranya sudah bisa terwujud KTB yang ada di Kota Yogyakarta. 

Hidayat juga menyampaikan bahwa setiap kampung yang akan ditetapkan sebagai KTB harus menjalani pertemuan untuk penguatan struktur serta sumber daya manusia. Menurutnya selama pandemi Covid-19, semua KTB di Kota Yogyakarta menjalankan peran untuk membantu pencegahan penularan virus. Misalnya dengan penyemprotan disinfektan di wilayahnya masing-masing.

Dalam mengakhiri pembicaraan tersebut Nur Hidayat, menyampaikan motto kepada KTB Ngadinegaran dengan ucapan "Kompak, Wani, Peduli".

Narasumber berikutnya berasal dari Komisi Perlindungan Anak Daerah Kota Yogyakarta Cq Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalaian Penduduk dan Keluarga Berencana. Dan narasumber untuk yang bersifat teknis yaitu dari Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Pusat Data Informasi Komunikasi Kebencanaan BPDB Kota Yogyakarta.  

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Lurah Mantrijeron, Ketua LPMK Kelurahan Mantrijeron, Ketua RT dan RW , Tokoh masyarakat , aktifis KTB Kampung Ngadinegaran, Karang Taruna dan warga Kampung Ngadinegaran.

Dalam mengakhiri kegiatan tersebut, maka dibentuk kepengurusan baru KTB di Kampung Ngadinegaran, adapun sebagai ketua KTB adalah Drs. Sudarmanto dan sebagai Pelaksana Harian yaitu Woko Waskito, Sekretaris Damarjati Hestu R serta sebagai Bendahara Lina Indarningtyas.